Kelebihan Dan Kekurangan Program E-Learning

Kelebihan Dan Kekurangan Program E-Learning
Dilihat 0 kali

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PROGRAM E-LEARNING

Pengertian E-learning adalah cara belajar yang (materi belajarnya) disampaikan, dilaksanakan dan dimediasi melalui teknologi elektronik untuk tujuan eksplisit seperti pelatihan dan/atau pendidikan. E-learning merupakan bentuk pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi seperti internet, video/audiobroadcasting, video/audioconferencing.


Tidak termasuk dalam kegiatan ini adalah pelatihan mandiri berbasis teknologi seperti penggunaan CD-ROM secara mandiri (standalone technology-based training seperti CD-ROM).

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa e-learning merupakan model atau program pendidikan jarak jauh yang memanfaatkan jasa perangkat teknologi komputer, Android atau biasa disebut internet/gadget. Dengan demikian, lembaga/institusi yang mengembangkan e-learning haruslah sudah melek teknologi (technology literate) dan sudah memiliki jaringan internet dan mengaplikasikan internet.

Kelebihan Program E-learning
Sejak dasawarsa terakhir, e-learning telah menjadi model pendidikan alternatif karena terbukti banyak memiliki keunggulan terutama di bidang pendidikan jarak jauh.

Keunggulan tersebut mencakup aspek produktivitas, nilai, efisiensi, fleksibilitas dan relasinya yang interaktif.

Kelebihan model e-learning dikarenakan faktor-faktor berikut :
  1. E-learning mampu mereduksi waktu dan jarak tempuh sehingga produktivitas seseorang dosen/instruktur tidak akan hilang karena kegiatan perjalanan yang harus dilakukan untuk kegiatan pendidikan/pengajaran tatap muka di kelas,
  2. Peningkatan kompetensi dapat dilakukan dan diselaraskan secara lebih efektif dengan tujuan institusi untuk menghasilkan kreativitas dan inovasi sehingga mampu memberikan nilai (value) pada organisasi,
  3. Proses pengembangan kompetensi dapat dilakukan dalam waktu yang relatif lebih singkat dan jumlah yang lebih besar, dan
  4. Kegiatan e-learning dapat dilakukan di mana saja selama memiliki akses dan koneksi dengan sumber pengetahuan serta secara langsung atau tidak langsung dan dapat menampilkan bentuk multimedia ataupun tidak (Simamora, 2003)
  5. Sistem pengiriman materi yang luwes karena pembelajar dapat memilih waktu dan tempat untuk belajar di internet dan www terbuka sepanjang hari (nonstop),
  6. Sumber-sumber belajar relatif mudah dikembangkan melalui berbagai paket-paket standar,
  7. Dapat mengakses sumber-sumber lain yang tersedia di internet,
  8. Biaya relatif murah, pengiriman secara online relatif murah, karena tidak dicetak atau tidak ada biaya pengiriman,
  9. Komunikasi yang luwes, karena pembelajar, tutor dan staf dapat berkomunikasi secara nyata, asinkronious atau bersama-sama masyarakat di belahan dunia manapun,
  10. Memungkinkan berkomunikasi satu lawan satu dan satu dengan banyak, misalnya tutor dan pembelajar, atau tutor dengan seluruh grup,
  11. Pembelajar dapat membentuk komunitas dalam bentuk formal maupun informal,
  12. Tidak mempunyai perkumpulan yang negatif yang sering kali berhubungan dengan pendidikan formal, dan
  13.  Mudah menjelajah aktivitas dan kemajuan pembelajar.

Kelemahan Program E –Learning
Tetapi, di samping kelebihan atau keunggulan seperti yang disebutkan di atas, program pembelajaran e-learning juga memiliki kelemahan seperti :
  1. Adanya sindrom gagap teknologi,
  2. Perlunya saling kepercayaan antara instruktur dan pembelajar terhadap akses ke komputer dan internet,
  3. Perlunya keterampilan dasar di bidang teknologi informasi bagi pengguna,
  4. Dibutuhkan pelatihan khusus tentang e-learning,
  5. Biaya pengembangan materi pembelajaran e-learning relatif mahal dan menyita waktu,
  6. Lebih menyita waktu dan butuh ketekunan disbanding tatap muka,
  7. Banyak orang lebih suka interaksi tatap muka,
  8. Biaya pengadaan dan penggunaan lingkungan pembelajaran maya adalah mahal dan kemungkinan membutuhkan penambahan peralatan dan staf yang khusus,
  9. Beberapa lingkungan pembelajaran membutuhkan seni komputer dan pembaharuan browser;
  10. Berbagai masalah yang memerlukan solusi yang mahal seperti pengembangan sumber-sumber pembelajaran online dan penyediaan dukungan berbasis teknologi seperti dukungan tatap muka.
Metode pembelajaran di zaman sekarang sudah berbeda dengan metode belajar beberapa tahun ke belakang. Perkembangan komputer dan juga perkembangan jaringan komputer telah memberikan banyak perubahan di berbagai sektor Salah satu perubahan yang cukup mencolok adalah di bidang pendidikan.  Bisa kita lihat dengan adanya Ujian Nasional Berbasis Komputer yang telah diselenggarakan beberapa tahun terakhir merupakan salah satu contoh peran teknologi dalam bidang pendidikan.

Selain ujian, perkembangan jaringan komputer juga dapat menjadi keuntungan sendiri bagi para siswa. Salah satunya adalah buku-buku pelajaran saat ini sudah ada yang dibuat dalam bentuk digital oleh pemerintah. Selain itu, peran internet terhadap prestasi belajar siswa adalah adanya tambahan ilmu pengetahuan. Melihat peluang tersebut, para pengembang aplikasi pun kini sudah menciptakan bimbingan belajar secara online. Aplikasi ini pun dapat diakses baik melalui komputer, laptop, tablet, bahkan sampai ke smartphone yang berbasis Android.

Hingga hari ini sudah cukup banyak aplikasi-aplikasi E-learning yang bisa di akses pada Sistem Operasi Android. Apa sajakah aplikasi tersebut? Berikut ulasannya

1. Ruang Guru
Aplikasi yang sedang naik daun akhir-akhir ini. Selain terkenal dari sisi komersilnya, konsep ruang guru juga sangat dibutuhkan oleh siswa-siswa sekolah. Metode ruang guru sendiri mirip dengan bimbel hanya saja komunikasinya secara online. Aplikasi ini menyediakan bimbingan pelajaran dari SD hingga SMA. Tidak hanya mengulas soal dan materi pelajaran saja, dengan menggunakan aplikasi Ruang Guru ini, siswa dapat bertanya langsung dengan pengajar melalui chat ataupun video call. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, kamu dapat mengunduhnya secara gratis melalui Play Store. Akan tetapi, jika kamu ingin bertanya langsung baik melaui video call atau chat, kamu harus membayar sebesar Rp 20.000.

2. KelasKita
Aplikasi selanjutnya adalah KelasKita. Hampir sama dengan aplikasi, Ruang Guru, hanya saja di dalam aplikasi kelas kita, terdapat sebuah fitur yang membuat para siswa dapat berkomunikasi dalam satu grup. Fitur-fitur lainnya dari aplikasi KelasKita antara lain Fitur Kampus yakni sebuah fitur yang dapat membuat grup atau kelompok belajar secara umum maupun privat. Kemudian fitur tambahan penghasilan, yakni sebuah fitur untuk membuat kelas berbayar secara privat, dan terakhir adalah sertifikat digital, yakni sebuah fitur untuk siswa yang telah selesai belajar pada suatu kelas.

3. Soal Ujian SD
Aplikasi Soal Ujian SD merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk membantu siswa SD dalam mengerjakan soal-soal ujian. Di dalam aplikasi ini, banyak mata pelajaran yang di ajarkan Sekolah Dasar. Sistem aplikasi ini layaknya sebuah game sehingga anak-anak pun akan merasa seperti bermain game dibandingkan mengerjakan tugas. Tingkat kesulitan soalnya berdasarkan tingkatan level-levelnya, semakin tinggi level yang dikerjakan maka soal yang harus dikerjakan pun semakin sulit.

4. Quipper
Aplikasi selanjutnya adalah Quipper. Salah satu kelebihan dari Aplikasi Quipper ini adalah dapat digunakan secara offline. Selain itu, kamu juga dapat mengatur jadwal belajar yang kamu inginkan, nantinya jika kamu sudah menentukan jadwalnya, akan ada notifikasi dimulainya pembelajaran. Hanya saja, aplikasi Quipper ini termasuk aplikasi berbayar.

5. Exam Preparation
Ingin belajar soal-soal skala internasional? Kamu perlu mencoba aplikasi yang satu ini. Pada dasarnya, bahasa yang digunakan pada aplikasi ini dominan Bahasa Inggris. Meskipun begitu, kamu dapat mencoba soal-soal yang diberikan pada aplikasi Exam Preparation ini. Soal-soal yang diberikan adalah soal-soal dari SD sampai SMA yang memiliki standar internasional. Kamu juga bisa berdiskusi dengan orang-orang yang sudah ahli di dalam aplikasinya. Hal unik dari aplikasi ini adalah kamu akan selalu mendapatkan notifikasi soal baru dalam beberapa hari. Selain itu, ada juga soal-soal yang selalu update setiap harinya.

6. Buku Sekolah Digital
Seperti yang sudah disinggung di awal bahwa Departemen Pendidikan Nasional Indonesia telah meluncurkan buku digital yang bisa dibaca oleh para siswa di dalam smartphone saja. Nama aplikasinya sendiri adalah BSE. Buku-buku yang ada di dalam aplikasi ini mencakup buku Sekolah Dasar hingga Sekolah menengah Atas dan Kejuruan. Buku-buku yang disediakan BSE ini sudah dibeli hak ciptanya oleh pemerintah sehingga kamu tidak perlu lagi khawatir mengenai kualitasnya.

7. Soal Ujian Sekolah
Sesuai dengan namanya, aplikasi ini berisikan soal-soal yang sering diujikan dalam sekolah. Soal-soal yang diujikan mulai dari SD hingga SMA pun ada. Selain memberikan soal-soal ujian, di dalam aplikasi ini juga diberikan tips-tips mengenai cara penyelesaian soal dengan baik dan benar sehingga siswa dapat lulus ujian dengan nilai yang memuaskan. Selain itu, ada fitur yang digunakan sebagai penilaian setelah siswa mengerjakan soal yang diberikan. Dengan begitu siswa akan tahu bagaimana kemampuannya dalam mengerjakan soal.

Itulah aplikasi E-Learning berbasis Android untuk para siswa. Dengan adanya aplikasi seperti ini merupakan salah satu bukti dari manfaat jaringan computer di bidang pendidikan saat ini. Hanya berbekal smartphone dan jaringan internet, banyak manfaat yang bisa semua orang dapatkan. Meskipun begitu, kita juga tetap harus waspada terhadap dampak negatif internet di kalangan pelajar. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat.


Share This :
Capt. America1 Al Fetih2 Bumblebee3 Capt. Marvel4 Fury5 Pearl Harbour6 Dilan 19907 Kingdom Of Heaven8 Omar9 Habibie Dan Ainun10 Habib Luthfi Bin Yahya11 Gus Muwafiq12 Emha Ainun Najib13 GTV14 ANTV15 Indosiar16 INEWS17 JAKTV18 JTV19 Kompas TV20 Metro TV21 MNC22 RCTI23 RTV24 Trans 725 Trans TV26 TV ONE27 TVRI28 Jeruk Lemon29 Aquaman30 Assalamu'alaikum Beijing31 KH Anwar Zahid32 Gus Baha'33 Digizena34 Anydesk35 In SEO Pro Responsive Blogger Template (Free Version Style)36 In SEO Pro Responsive Blogger Template (Grid Style No Featured)37 In SEO Pro Responsive Blogger Template (Grid Style)38 In SEO Pro Responsive Blogger Template39 In SEO Read Pro Version40 In SEO Safelink Pro Style 141 In SEO Safelink Pro Style42
bootstrap slideshow by WOWSlider.com v8.8